Pendidikan di Sumatera Barat

12 08 2011

Dahulu pada zamannya Hamka dan pemuka agama islam lainnya, pendidikan di Sumatera Barat sangat terkenal, banyak orang dari luar provinsi sumbar yang pergi belajar agama islam ke Propinsi ini..

Sekarang ini kalau kita lihat berdasarkan data yang dikeluarkan oleh PDPT Dikti, Sumatera Barat masih merupakan syorganya pendidikan tinggi di Indonesia. Dari grafik dibawah terlihat provinsi Sumbar bersama 9 provinsi lainnya berwarna hijau, warna itu menunjukkan provinsi yang memiliki jumlah mahasiswa yang lebih dari 100 ribu mahasiswa.

Kalau kita perhatikan dari data jumlah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sumatera Barat ada sebanyak 39.3 ribu orang. Provinsi ini berada pada urutan 6 di Indonesia, dibawah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta dan DIY… Atau dengan kata lain dibawah pulau jawa-lah.

Sedangkan dari data jumlah mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Sumatera Barat ada sebanyak 67.4 ribu orang. Provinsi ini berada pada urutan 11 di Indonesia, dibawah Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, DIY, NAD, Sumatera Selatan, NTB.


semoga nantinya melahirkan pakar pakar baru dari Sumatera Barat.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: